Senin, 19 Maret 2012

=== 8 LANGKAH ATASI MABUK PERJALANAN ===

Jalan-jalan saat liburan selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tak heran jika liburan menjadi momen yang di tunggu-tunggu. 
Bayangkan, bagaiman asyiknya lari-lari di atas pasir tepi pantai di pagi hari. Pun dengan enaknya makan jagung bakar sambil bernyanyi di sekitar api unggun saat malam tiba di wilayah pegunungan.
Semuanya ini tentu saja, akan menjadil pengalaman yang tak akan terlupakan,  bukan? Namun, terkadang bayangan liburan yang begitu indah dan mengasikkan buyar karena mabuk kendaraan. Meskipun terlihat sepele, masalah ini bisa jadi akan sangat mengganggu kita selama liburan. Kita tidak bisa menikmati pemandangan atau pun makanan dan minuman selama dalam perjalanan.

Nah, bagaimana agar mabuk tidak mengganggu perjalanan anda? ini dia TIPSnya untuk anda:

  1. Hindari  aktivitas membaca terlalu lama di perjalanan.
  2. Dengarkan alunan musik yang di sukai. Musik yang tidak disukai atau di rasa membosankan juga dapat menimbulkan rasa mual. Volume tak perlu terlampau keras.
  3. Lakukan permainana atau kegiatan yang aman dan menyenangkan, seperti main tebak-tebakan, bernyayi dan bercanda.
  4. Duduklah dengan posisi searah perjalanan. Usahakan untuk melihat pemandangan di kejauhan seperti gunung atau hamparan sawah yang luas. Obyek di kejauhan tidak bergerak secepat obyek di tepi jalan, sehingga tidak memusingkan.
  5. Jika mobil memiliki tiga baris kursi, pilihlah baris kedua yang minim guncangan. Beristirahatlah sejenak di sela perjalanan panjang.
  6. Cukupi konsumsi air. Bawalah bekal buah atau jus yang rasanya segar. Air jahe dan gula juga membantu meredam mual dan muntah. Selain dalam minuman, jahe dalam biskuit dan permen juga cukup bermanfaat.
  7. Pastikan sirkulasi udara di kendaraan baik. Jauhkan asap rokok karena selain mengiritasi saluran pernafasan, juga membuat mual.
  8. Hindari makanan pedas dan berminyak sebelum dan selama perjalanan. Usahakan perut tidak terlampau kenyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar